PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
7 ASET MODAL UTAMA DI LINGKUNGAN TK DESA SOBRAH
Latar Belakang
Sumber daya atau aset adalah hal yang sangat mendukung kemajuan sekolah. Oleh karena itu saya sebagai seorang Pendidik harus mampu memaksimalkan pemanfaatan aset yang ada di lingkungan sekolah guna mendukung pembelajaran di kelas.
Adapun aset yang di manfaatkan salah satu nya yaitu aset modal fisik yang berupa ruang kelas/ruang belajar lainnya yang merupakan aset berharga yang menjadi modal utama yang dapat mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan
Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan
melakukan diskusi bersama Kepala Sekolah, Rekan Guru, Orang tua murid dan Komite untuk mengidentifikasi aset yang dimiliki oleh sekolah, baik internal maupun eksternal (hubungan dengan masyarakat dan lainnya) serta mendiskusikan hal baik apa yang dimiliki oleh sekolah, berdasarkan 7 aset utama tersebut.
Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan
Dari diskusi yang di lakukan di hasilkan 7 aset modal utama di lingkungan TK Desa Sobrah yaitu :
Modal Manusia
Sumber Daya Manusia (SDM) cukup kompeten, sepertI 90 % kualifikasi pendidikan sudah sesuai dan sudah memiliki Sertifikat Pendidik
Memiliki 1 orang CGP dan Guru yang serdik dan CGP dengan empat kompetensi mampu berinovasi, berkolaboras, berkomunikasi.
Siswa memiliki semangat belajar dan prestasi yang baik sehingga dapat menunjang pembelajaran ke arah yang lebih baik
Wali muri, komite dan tokoh masyarakat mendukung penuh program-program sekolah yang berpihak kepada murid
Modal Sosial
Memiliki kerjasama yang baik dengan beberapa instansi ( pabrik kripik tempe, pabrik susu kedelai, konveksi seragam sehingga dapat bermanfaat dalam pembelajaran anak-anak
Komunitas Sekolah sebagai sarana pengembangan diri, media diskusi dan kolaborasi guru yang mendukung merdeka belajar
Komite sekolah, wali murid, warga masyarakat, pemerintah desa setempat mendukung secara penuh program-program sekolah
Dukungan masyarakat sekitar dalam pemantauan anak-anak di sekitar sekolahan
Modal Fisik
Ruang kelas yang nyaman dengan banyak jendela dan ventilasi udara dan lengkap sesuai jumlah rombongan belajar
terdapat halaman sekolah yang luas dan terdapat Alat Permainan Edukati outdoor.
Terdapat Kantor Guru, UKS dan Kamar mandi yang kondisinya bersih dan baik
Sekolah tersedia listrik, air untuk memenuhi kebutuhan sekolah dengan baik
Modal Lingkungan/Alam
Lingkungan sekitar sekolahan adalah area sawah-sawah/pedesaan yang hijau , lingkungan asri, udara bersih dan sejuk sehingga memiliki supply oksigen yang cukup
Jauh dari keraiaman/jalan raya sehingga KBM dapat berjalan nyaman dan tenang serta aman.
Terdapat gunung bedah wisata alam yang sangat dekat dengan sekolahan yang bisa di manfaatkan untuk outing class
Sumber air langsung dari mata air yang jernih
Modal Finansial
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) digunakan untuk pembelajaran dan aktivitas siswa
GTY/guru honor mendapat insentif dari daerah dan di biayai dari desa
Bantuan PIP untuk menunjang pembelajaran siswa
Peran serta masyarakat (Konveksi) yang menjalin kerjasama dalam kelancaran pembelajaran dalam hal seragam terdapat laba untuk di masukkan kas sekolah
Modal Politik
Hubungan komunitas serta kerjasama dengan lembaga sangat baik dengan instansi pemerintah Desa sehingga dalam pengurusan berkas yang di perlukan bisa mudah dan lancar
Hubungan yang baik dengan Dinas Pendidikan, korwil, gugus dapat memperlancar informasi-informasi dari kedinasan pendidikan .
Hubungan yang baik dengan Dinas Kesehatan Desa/puskesmas, sehingga informasi tentang kesehatan cepat di peroleh
Modal Agama dan Budaya
Masyarakat yang religius dan banyak tokoh agama di sekitar sehingga dapat berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan di sekolah.
Kegiatan pembiasaan keagamaan disekolah yakni pembiasaan menghafal surat-surat pendek, asmaul husna dan hadist-hadist
100% siswa suku jawa dengan ungah ungguh yang baik, dan , Kreatifitas siswa yang tinggi (seni tari) dapat di manfaatkan untuk melestarikan budaya
Budaya sopan santun melekat pada kepribadian siswa, menjalankan budaya positif dengan kesadaran diri di sekolah dan siswa berkarakter baik
Pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan
Dengan adanya diskusi bersama terkait pemetaan aset modal utama yang berada di lingkungan sekolah, dan mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset / kekuatan /sumber daya yang dimiliki sekolah dapat menjadikan kita paham bahwa dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah serta pembelajarn yang berpusat kepada murid tidak terhalang oleh hal-hal yang selama ini tidak terfikirkan karena kita dapat menggunakan dan memanfaatkan aset-aset yang ada di lingkungan sekolah dan fokus pada kekuatan yang ada bukan fokus pada kelemahan/permasalahan
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
Melalui pemetaan aset bersama Kepala Sekolah, Rekan Guru, Wali murid dan komite sekolah, saya berharap agar warga sekolah dapat memanfaatkan aset-aset yang ada di sekolah dengan mengoptimalkan serta memberdayakan aset tersebut sehingga dapat di jadikan kekuatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
Dokumentasi